Selamat Datang Di Blog Sederhana ini

Sabtu, 04 Februari 2012

macam-macam bantalan tekan(release bearing)

Bantalan tekan (Release bearing)
Macam-macam bantalan

1.       Type bola menyudut, mampu menerima beban aksial dan menyudut
2.       Type bola menghadap, mampu menerima beban aksial
3.       Type graphite(karbon), tidak memerlukan pelumasan
Fungsing bantalan tekan
Untuk meneruskan gaya dorongan release fork ke diafragma spring (presure lever) pada saat pedal kopling ditekan. Release bearing(bantalan tekan) dipasangkan pada bearing cup dan digerakan maju mundur oleh release fork ( tuas pembebas) untuk membebaskan plat kopling dari plat penekan
Persyaratan bantalan tekan
v      Mampu meneruskan gaya tekan tuas pembebas
v      Dapat berputar dalam kondisi menekan



Pilot bearing
Berfungsi untuk menumpu ujung bagian depan input shaft transmisi yang merupakan dudukan plat kopling di mana pilot bearing ini dipasangkan pada ujung belakang poros engkol.

kebebasan master silinder



1= Batang pendorong dan mur penyetel master selinder kopling
A= Jarak bebas batang pendorong terhadap piston master selinder kopling melalui pedal = 2 – 3mm

Penyetelan “:
Batang pendorong dapat diputar maju/mundur dan di kunci oleh kedua mur
Kegunaan “:
Agar posisi piston master selinder bisa kembali sampai batas ring penahan saat pedal tidak ditekan (bebas)

Kebebasan selinder kopling type yang dapat distel
Kontruksi selinder pembebas kopling (release celynder) seperti pada gambar dibawah. Minyak hidrolik dari master selinder menyebabkan piston pada release celynder mendorong batang penekan (pushrod) dan mendorong garpu  pembebas (clutch release fork).
Selinder kopling pembebas mempunyai saluran pembuangan udara (bleader plug) yang berfungsi untuk mengeluarkan udara dari saluran hidrolis, dan pegas pembalik yang berfungsi menjaga agar garpu pembebas kopling dan batang penekan tetap bersentuhan satu sama lainnya.


Penyetelan “:
Batang pendorong selinder kopling dapat diputar maju/mundur dan dikunci oleh kedua mur penyetel pada pushrod

Kegunaan “:
Agar bantalan tekan tidak berhubungan dengan pegas diafragma maupun lengan penekan (pada jenis pegas coil) pada saat pedal bebas.
v      Kebebasan tuas pembebas = 2 – 3 mm
v      Bila kebebasan nol mm bantalan dan pegas diafragma/lengan penekan pegas coil akan cepat rusak.

Silinder pembebas kopling type menyetel sendiri
Kebebasan garpu pembebas kopling penyetelannya dilakukan dengan jalan merubah panjang batang penekan. Pada kendaraan modern, untuk menghilangkan menyetelan gerak bebas kopling maka diguakan selinder pembebas type menyetel sendiri. Pada selinder pembebas type menyetel sendiri tidak menggunakan pegas pembalik garpu pembebas, sebagai pengganti pada selinder pembebas  dipasang pegas (conical spring) yang perfungsi untuk menjaga agar garpu pembebas selalu bersentuhan dengan batang penekan.



7 komentar:

  1. kasih tw semua materi kopling donk semua yang berhubungan dengan kopling

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. sejujurnya materi tentang kopling udh komplite tp kmu ga dapat aja di blog aku krn aku jarang online jd aku ga buat linknya
    klik aja link di bawah ini buat materi koplingnya

    http://forumalb.blogspot.com/2012/04/system-kopling-full.html

    makasih atas kunjungannya

    BalasHapus

kawand-kawand jangan lupa coment yaaa!!!!!!
karena coment kalian ikut membantu blog ini berkembang
dan bila ada link yg rusak segera beritahu kami